Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Bagi anda para pecinta kuliner tradisional pada kesempatan ini kami akan kembali membagikan resep spesial untuk anda. Resep yang akan kami bagikan kali ini adalah resep pindang daging yang sudah sangat terkenal di Nusantara. Pindang yang asli merupakan pindang yang berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya di kota Kudus. Yang merupakan pindang asli daerah Kudus adalah pindang yang dibuat dari daging kerbau. Penggunaan daging kerbau ini sangat erat dengan sejarah masa lampau yang terjadi di tanah Kudus.

Sejarah menyatakan bahwa pindang di Kudus menggunakan daging kerbau karena ada saat itu Sunan Kudus yang menghormati umat Hindu melarang menyembelih daging sapi. Itulah sebabnya hingga kini pindang khas Kudus selalu menggunakan daging kerbau. Yang juga patuh diketahui bahwasannya pindang merupakan masakan berkuah yang bisa dikatakan sebagai campuran antara masakan soto dan rawon asal Jawa Timur. Hal ini karena pindang menggunakan bumbu yang lebih komplit sekaligus mewakili dua masakan tradisional tersebut.

Satu hal lagi yang sebaiknya anda tahu, masakan yang bernama pindang ini juga dimiliki oleh daerah lain di Nusantara ini, yaitu pindang Palembang. Namun meskipun sama-sama bernama pindang, antara pindang Kudus maupun pindang Palembang memiliki perbedaan yang kompleks. Sama sekali tidak bisa disamakan. Nah inilah uniknya masakan Nusantara. Bahkan dengan nama yang sama masing-masing daerah memiliki ciri khas nya masing-masing pula. Yang perlu dan pasti diingat saat anda membuat pindang Kudus adalah daun melinjo atau dalam bahasa Jawa sering disebut godong so, daun ini sekaligus juga mmebedakan dengan pindang di luar daerah Kudus.

Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus

Nah dengan semakin banyaknya makanan dan masakan tradisional yang ada di Nusantara andalah yang bisa tetap menjaga agar tidak punah. Untuk itu bagi anda yang ingin menikmati kuliner asli Nusantara, berikut akan kami bagikan resepnya. Selamat mencoba.

Bahan-bahan :
  • Daging kerbau 1 kg
  • Santan kental dari 1 butir kelapa
  • Daun so/daun melinjo muda
  • Air 2 liter

Bumbu-bumbu :
  • kemiri 100 gram
  • Bawang merah 200 gram
  • bawang putih 50 gram
  • Kluwek 10 butir
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Jinten 1/4 sendok makan
  • Lada hitam 1/4 sendok makan
  • Pala 1/2 biji
  • Lengkuas 1 ruas
  • Gula merah 50 gram
  • Terasi 25 gram

Cara membuatnya :
  1. Rebus daging kerbau hingga empuk, lalu angkat dan tiriskan, biarkan sisa kaldu rebusan di atas api.
  2. Haluskan bumbu sebagai berikut : bawang merah, bawang putih, kemiri, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut hingga harum menggunakan sedikit minyak. Selanjutnya masukkan hasil tumisan bumbu tersebut ke dalam kaldu sisa rebusan daging kerbau. 
  3. Sangrai sisa bumbu yang ada kecuali gula merah dan lengkuas, setelah disangrai tumbuk bumbu tersebut hingga halus. Masukkan bumbu sangrai tersebut ke dalam campuran kaldu daging, masukkan juga lengkuas yang dimemarkan/digeprak.
  4. Kemudian masukkan santan kental dan gula merah, aduk-aduk campuran bahan bumbu tersebut agar santan tidak pecah, masak hingga mendidih, lalu tambahkan garam secukupnya sesuai selera anda. Terakhr masukkan daun so atau daun melinjo sebelum disajikan.

Kini anda sudah bisa menikmati nasi pindang khas Kudus yang sangat spesial. Semoga resep yang kami berikan memberikan manfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Pindang Kerbau Kudus, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda