Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Setelah kemarin kami membagikan resep sederhana rolade ikan gurami, kali ini kami akn memberikan resep masakan ikan yang lain. Resep sederhana yang akan kami bagikan kali ini adalah resep ikan bawal bumbu tauco. Tauco sendiri merupakan bumbu makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai. Tauco sudah sangat lazim digunakan sebagai bumbu masak untuk kuliner Nusantara sejak lama. Beberapa masakan yang umumnya menggunakan bumbu tauco adalah telur ceplok tauco, ayam tauco dan ikan bumbu tauco seperti resep yang akan kami bagikan kali ini. Bumbu tauco sendiri bagi kebanyakan masyarakat keturunan Tionghoa di beberapa daerah merupakan bumbu yang wajib untuk makanan sehari-hari.

Bumbu tauco seperti dikatakan di atas lazim digunakan sebagai bumbu masak atau sebagai penyedap masakan yang sangat baik bagi tubuh. Menurut hasil penelitian tauco sendiri memiliki kandungan energi sebesar 166 kilokalori, selain itu tauco juga  mengandung protein sebesar 10,4 gram dan banyak lagi kandungan vitamin dan mineral yang bisa anda dapatkan dari tauco. Nah dengan adanya kandungan mineral pada tauco sudah barang tentu sebagai bahan makanan tauco ini sangat baik untuk kesehatan. Apalagi dipadukan dengan ikan yang juga syarat kaan kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Namun sekali lagi yang patut diperhatikan adalah, makanlah dengan porsi yang disesuaikan agar tidak malah menjadi penyakit jika kebanyakan.

Nah kembali lagi ke resep masakan kita hari ini. Ikan yang digunakan untuk membuat masakan ini tentu saja ikan bawal. Hati-hati juga saat mengkonsumsi ikan bawal, karena durinya yang sangat banyak sedangkan dagingnya tipis. Lalu bagi anda yang sudah tidak sabar untuk menikmati nikmatnya kan bawal bumbu tauco, berikut adalah resep sederhana untuk anda.

Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat

Bahan-bahan :
  • 4 ekor ikan bawal
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 50 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng'
  • 5 siung bawang putih (rajang tipis)
  • 8 butir bawang merah (rajang tipis)
  • 8 buah cabai rawit merah (rajang bulat)
  • 5 sendok makan kecap
  • 4 sedok makan tauco
  • Garam masak secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa (hanya jika suka)
  • 250 ml air

Cara membuatnya :
  1. Bersihkan terlebih dahulu ikan hingga bersih, kemudian lumuri ikan menggunakan asam jawa yang sudah dicairkan dengan 50 ml air. Diamkan ikan beberapa saat, lalu lanjutkan dengan membilas ikan tersebut. Setelah itu goreng ikan bawal hingga warna menjadi kuning kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan dulu.
  2. Tumis bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih hingga berubah warna dan harum. Masukkan cabai rawit, garam, gula, kecap, tauco dan penyedap rasa (hanya jika suka). Lalu beri air dan didihkan.
  3. Setelah air mendidih masukkan ikan bawal yang sudah digoreng ke dalam campuran bumbu. Masak lagi hingga mendidih, lalu segera angkat.

Ikan bawal bumbu tauco kini sudah siap anda nikmati. Sangat mudah dan sederhana bukan? Seperti biasa resep yang kami bagikan bisa dinikmati oleh empat orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Bawal Bumbu Tauco Nikmat, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda