Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internsional - Kue tradisional memang sangat cocok untuk saian dalam berbagai acara, baik acara formal maupun acara non formal. Salah satu kue yang hingga saat ini masih digemari dan juga masih lestari adalah kue pukis. Maka kali ini kami akan memmberikan resep kue pukis coklat sederhana untuk anda. Kue pukis merupakan kue tradisional asli Nusantara. Kue ini memliki tekstur lembut dan memiliki rasa yang manis. Kue pukis terbuat dari campuran adonan tepung terigu, telur, gula pasir, ragi dan santan kelapa. Kue yang satu ini bisa juga disebut sebagai modifikasi dari kue wafel. Dengan perkembangan jaman kini kue pukis sudah bervariasi dari awalnya yang tidak dicampur bermacam-macam bahan pelengkap. Namun kini kita bisa dengan mudah mendapatkan kue pukis dengan taburan coklat, kejua, bermacam-macam selai dan bahan pelengkap yang lain.

Namun meskipun kue pukis telah mengalami berbagai macam perkembangan tetap saja rasa inti dari kue pukis tetap sama, bahan pelengkap yang digunakan hanya memberikan sensasi rasa yang lain tanpa mengurangi rasa asli dari kue pukis tersebut. Namun pada resep kali ni kami akan mencampurkan dengan cokelat sehingga rasanya menjadi benar-benar cokelat. Kue pukis yang asli juga memiliki bentuk dan warna ang sangat khas. Dalam hal warna kue pukis asli memiliki warna kuning di bagian atas, dan kecoklatan dibagian bawah. Hal ini karena dalam prosesnya kue pukis harus dipanggang di dalam oven sehingga hanya bagian bawah yang tampak mengalami perubahan warna, sedangkan bagian atas nya hanya sedikit mengalami perubahan warna. Namun karena adonan kali ini menggunakan dark cooking chocolate sehingga warna menjadi cokelat pekat.

Hingga saat ini kue pkis masih sangat mudah di jumapi di toko-toko kue, bahakan di pedagang kue kaki lima. Penyebaran kue ini hampir merata di setiap daerah Nusantara. Namun meskipun masih banyak, anda sebaiknya membuatnya sendiri di rumah, sehingga lebih terjamin kebersihan. Nah untuk anda yang suka dengan kue pukis dan ingin ikut melestarikan kue ini, berikut resep kue pukis sederhana untuk anda.

Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung terigu (protein sedang)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml susu cair (krimer)
  • 15 gram margarin (lelehkan)
  • 20 gram bubuk coklat
  • 75 gram dark chocolate cooking (lelehkan)
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 25 gram coklat meises (untuk taburan)
  • 50 ml air hangat

Cara membuatnya :
  1. Ragi dilarutkan dengan 50 ml air hangat, lalu diamkan selama 10 menit hingga berbusa. 
  2. Kocoklah telur bersama garam, dan gula pasir hingga mengembang. Lalu masukkan tepung terigu dan bubuk coklat sambil di ayak dan dikocok perlahan-lahan saja dengan kecepatan rendah, lakukan bergantian dengan susu cair. Selanjutnya masukkan larutan ragi, dan kocok perlahan dan diamkan kembali kira-kira selama 30 menit hingga adonan mengembang.
  3. Tuangkan dark chocolate cooking yang sudah dilelehkan bersama margarin yang telah dilelehkan dan vanili, aduk-aduk hingga rata.
  4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue pukis yang sudah dipanaskan dan diolesi dengan margarin, masak hingga setangah matang. Lalu taburkan meises coklat, kemudian tutup kembali dan masak lagi hingga matang dan angkat.

Sangat mudah dan pastinya nikmat membuat kue pukis dengan rasa coklat sebagai varian dari kue pukis yang asli. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Kue Pukis Cokelat Sederhana, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda