Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Ingat nama kue dari beras ketan, berbentuk segitiga, disajikan dengan taburan kelapa dan saus gula merah? Jika tidak ingat maka kami akan memberikan resep kue lopis atau di daerah Betawi biasa disebut kue lupis. Ya kue segitiga itu bernama kue lopis atau lupis, sangat unik baik dari bentuk maupun penyajiannya. Namun kini bentuk kue lopis ternyata bervariasi, bahkan ada juga yang dibentuk seperti lontong, mungkin lebih praktis. Dulu sewaktu masih kecil kue ini merupakan jajanan favorit saya selain pisang goreng, dan cenil. Setiap kali pulang pasar biasanya oleh-oleh yang dibawa ibu adalah kue lopis ini. Sampai sekarang mungkin masih ada yang menjual kue lopis. Coba besok saya akan ke pasar tradisional di kampung saya untuk berburu kue tradisional jika masih ada.

Memang sudah cukup lama di daerah saya tinggal menemukan kue tradisional yang dulu semasa kecil sering jadi jajanan nikmat oleh-oleh ibu. Namun tentu saja kita tetap berharap kue ini masih belum bisa digeser oleh makanan instan yang kini marak menjadi jajanan anak jaman sekarang. Sebagai jajanan pasar kue lopis sangat baik terutama bagi kesehatan jika dibanding dengan makanan jaman sekarang. Kue lopis dibuat tanpa bahan pengawet sehingga tidak bisa bertahan lama. Paling lama sehari sudah basi dan tidak bisa dimakan. Oleh karena itu kue lopis tidak mengandung bahan kimia berbahaya. 

Kini tinggal bagaimana kita menyikapi makanan apa yang baik untuk kita dan makanan apa yang harus dihindari. Selain itu sebagai orang yang hidup dan tinggal di Indonesia sudah selayaknya kita bangga bahwa kita masih mewarisi makanan tradisional dan masih bisa menikmati makanan sehat. Jika dari sekarang anda sudah tidak peduli lagi dengan makanan tradisional siapa lagi yang akan mempertahankannya. Nah untuk itu kami akan memberikan resep kue lopis nikmat yang bisa anda simak berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit

Bahan-bahan :
  • 500 gram beras ketan putih
  • 1 1/2 sendok makan larutan air kapur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 butir kelapa muda (parut dan beri sedikit garam)
  • 500 ml larutan gula merah (saus gula)
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus lopis)

Cara membuatnya :
  1. Cuci dahulu beras ketan hingga bersih, kemudian di rendam selama 15 menit, lalu tiriskan. Selanjutnya tambahkan larutan air kapur dan aduk-aduk hingga rata, dan beri garam.
  2. Bungkus beras ketan menggunakan daun pisang seperti membungkus lontong (atau dibungkus dengan bentuk kerucut/segitiga seperti aslinya). Lalu sematkan lidi di ujung daun untuk mengunci bungkusan.
  3. Rebus kue lopis yang sudah dibungkus hingga matang, angkat dan tiriskan dulu. 
  4. Sajikan kue lopis yang sudah matang dengan ditaburi parutan kelapa dan tuangi dengan saus gula merah.

Catatan : membungkus kue lopis dengan bentuk seperti lontong lebih praktis jika dibungkus satu persatu berbentuk segitiga. Untuk bentuk dari kue lapis semua sesuai dengan selera masing-masing.

Nah resep kue lopis sudah jadi, kini saatnya anda membuat kue lopis sendiri di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Kue Lopis Ketan Sederhana Manis dan legit, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda