Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Anda yang suka ngemil biasanya bingung membuat makanan kecil sendiri. Sedangkan jika beli gorengan belum tentu sehat, satu-satunya cara adalah membuat sendiri cemilan untuk sendiri di rumah. Nah kami akan memberikan resep sosis solo yang mungkin sesuai dengan selera cemilan anda. Satu yang perlu anda tahu bagi yang belum pernah menikmat sosis solo adalah, jangan membayangkan sosis seperti yang sering anda lihat di pasaran. Sosis solo sangat berbeda dengan yang anda bayangkan. Memang benar di dalamnya berisi daging, bisa daging ayam maupun daging sapi atau sesuai selera, namun yang membuatnya berbeda adalah kulit yang membalit isinya. Sosis solo dibungkus oleh kulit yang terbuat dari adonan telur.

Sejarah yang beredar menyebutkan bahwa makanan tradisional ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Nusantara. Pada masa itu sangat sulit untuk bisa menikmati makanan seperti yang dinikmati bangsa penjajah. Dari situ masyarakat Solo kala itu mencoba untuk membuat sosis tiruan ala kadarnya, namun dari bahan yang ala kadarnya justru menjadi makanan tradisional yang sangat terkenal hingga saat ini, bahkan mengalahkan sosis yang aslinya. Dari adonan telur yang diisi dengan daging kemudian digoreng jadilah sosis solo yang ternyata hingga kini masih terjaga kelestariannya. Lihat juga resep dari Solo yang lain di resep selat solo.

Nah jika anda masih bingung juga seperti apa sih sosis solo itu, koq masih belum kebayang juga seperti apa wujudnya, apalagi rasanya. Jangan khawatir dan jangan sedih, anda akan segera bisa membuatnya di rumah dengan citarasa yang tidak jauh beda dengan sosis solo di daerah asalnya. Nah untuk anda yang ingin segera mencitakan makanan kecil atau cemilan sendiri di rumah, berikut resep sosis solo untuk anda.

Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat

Bahan Kulit :
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air

Isian sosis :
  • 150 gram daging ayam (pilih bagian dada, disuwir/cincang)
  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 50 ml santan kelapa

Bahan untuk celupan :
  • 1 butir telur (dikocok lepas)

Cara membuatnya :
  1. Membuat kulit : campurkan bahan-bahan untuk membuat kulit sosis, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata, saring agar adonan kulit tetap halus. Buatlah dadar dari bahan tersebut tipis-tipis saja, lakukan hingga adonan habis.
  2. Membuat isian sosis : haluskan bawang putih dan bawang merah, lalu tumis bahan tersebut hingga tercium aroma harum. Selanjutnya masukkan daging ayam suwir/cincang aduk-aduk hingga rata. Jika sudah masukkan sisa bahan isian yang lain. Aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging dan santan mengering. Cicipi untuk memastikan bahan isian sudah cocok rasanya, jika sudah sesuai diamkan agar dingin.
  3. Ambil selembar kulit sosis yang sudah dibuat sebelumnya, ambil sedikit bahan isian taruh di atas dadar kulit. Tutup bahan isian dengan dadar kulit seperti membuat lumpia (hanya saja buat ukuran lebih kecil namun lebih panjang). Selanjutnya celupkan sosis kedalam telur kocok lepas dan goreng hingga warna berubah kekuningan lalu angkat.

Nah mudah sekali kan membuat sosis solo yang bisa anda nikmati sebagai camilan atau bisa juga untuk lauk makan, Selamat mencoba dan terus berkreasi.
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/01/sosis-solo-goreng-balut-telur.html#sthash.zOadozTH.dpuf150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/01/sosis-solo-goreng-balut-telur.html#sthash.zOadozTH.dpuf
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/01/sosis-solo-goreng-balut-telur.html#sthash.zOadozTH.dpuf

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam Gurih dan Nikmat, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda