Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Menikmati kue tradisional memang seringkali membangkitkan rasa kangen terhadap kampung halaman atau masa anak-anak. apalagi bagi anda yang jauh dari kampung halaman dan susah mendapatkan kue tradisional dari daerah anda. Nah resep kue serabi oncom yang akan kami bagikan kali ini semoga mampu mengobati rasa kangen anda dengan kampung halaman anda. Serabi dikenal oleh masyarakat di daerah Jawa barat dan juga di daerah Jawa Tengah tepatnya di kota Solo sebagai makanan tradisional yang kini telah memiliki variasi rasa yang sangat beragam, hal ini tentu saja memperkaya sajian makanan tradisional Nusantara. 

Masing-masing daerah tentu saja memiliki perbedaan baik dari bahan maupun rasa yang dihasilkan. Seperti yang akan kami bagikan kali ini setidaknya memiliki perbedaan yang mencolok terutama dalam hal rasa. Karena bahan yang digunakan untuk membuat kue serabi kali ini menggunakan bahan taburan oncom yang membuat kue ini menjadi kaya akan rasa. Serabi atau surabi oncom ini lebih dikenal di daerah Bandung Jawa Barat. Jika kita telusuri lebih jauh bahwasannya kota Bandung tidak hanya memberikan alam yang indah, namun juga surga bagi para pemburu kuliner Nusantara. Nah salah satu yang membuat kota Bandung terkenal adalah serabi oncom itu sendiri, meskipun tidak sedikit juga kue tradisional yang lainnya.

Untuk anda yang bingung untuk membuat makanan apa untuk dimakan saat mengisi waktu luang, membuat kue serabi oncom bisa menjadi pilihan yang bagus. Kue ini biasanya memang banyak dikonsumsi pagi hari, namun sebenarnya bisa dinikmati kapan saja. Nah untuk anda yang sudah tidak sabar ingin membuatnya, silahkan anda lihat resepnya yang satu ini. Untuk resep kue serabi yang lain simak juga resep kue serabi spesial khas Solo.

Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam (dikocok lepas)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 600 ml santan
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus :
  • 3 butir bawang putih
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan taburan :
  • 125 gram oncom (dicincang kasar)
  • 10 tangkai daun kemangi (ambil daunnya saja)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung terigu dengan baking powder, telur dan garam, lalu tuangi dengan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan selama 15 menit, jika sudah rata sisihkan dahulu.
  2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan oncom dan daun kemangi, aduk-aduk hingga rata, lalu angkat segera.
  3. Selanjutnya panaskan cetakan kue serabi, tuangkan sesendok sayur adonan kue, lanjutkan masak dengan menggunakan api sedang, hingga permukaan kue berlubang-lubang. Tunggu hingga permukaan mulai matang, lalu beri satu sendok bahan taburan di atas kue. Jika sudah diamkan hingga kulit serabi menjadi kering, lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

Nah kue serabi oncom sudah selesai kami bagikan resepnya. Hasil dari bahan di atas bisa menjadi 12 buah kue. Jika anda ingin membuat lebih banyak tinggal menambahkan bahannya saja. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Kue Serabi Oncom Sederhana, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda