Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Jika anda penggemar makanan tradisional tentu saja mengenal makanan bernama dodol. Dodol yang kita kenal umumnya berasal dari kota Garut, sehingga banyak orang menyebut dodol garut. Namun ada dodol dari Jawa Timur yang akan kami sajikan dalam resep kue madu mongso. Kue ini merupakan kue tradisionla yang unik terbuat dari ketan hitam yang dalam proses pembuatannya melalui proses fermentasi. Jadi proses awalnya seperti jika kita membuat tape/tapai, baru kemudian di beri gula dan santan, kemudian diolah lagi menjadi makanan yang sangat nikmat. Hasilnya adalah makanan nikmat dengan rasa asam manis dengan tekstur mirip dodol. Untuk resep sejenis anda bisa melihat di resep lempok durian pada artikel yang lain

Uniknya rasa dari jajanan khas Jawa Timur ini tidak cukup untuk menggambarkan kue yang namanya madu mongso. Tampilannya yang sekilas sangat sederhana akan menjadi lebih cantik dengan bungkus kertas minyak warna-warni. Bentuknya jika dibungkus dengan daun pisang akan mirip dengan kue lemper bulat dan panjang, namun madu mongso tak kalah unik karene lebih berwarna. Tak heran jika kemudian kue yang unik dan nikmat ini menjadi buronan para pencari oleh-oleh. Hingga saat ini kue madu mongso sudah tidak banyak ditemukan sehingga bagi anda yang tinggal di daerah lain boleh saja ikut melestarikannya.

Nah dengan uniknya kue yang kaya rasa ini, kini saatnya anda membuatnya di rumah. Kue ini bisa disajikan kapan saja baik untuk acara rumahan maupun pertemuan-pertemuan non formal. Jadi bagi anda yang tertarik sebaiknya anda ikuti resep kue madu mongso yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur

Bahan-bahan :
  • 750 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan (diikat simpul)
  • 800 gram tapai ketan hitam (tiriskan dari airnya)
  • 200 gram gula merah (disisir halus)
  • 350 gram daging buah durian (bisa diganti sesuai selera)
  • 1/2 butir kelapa (diparut)
  • Kertas minyak secukupnya (banyak warna lebih bagus)

Cara membuatnya :
  1. Masaklah santan, gula merah dan daun pandan hingga gula larut, lalu masukkan tape ketan hitam, buah durian, dan parutan kelapa. Selanjutnya aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga santan meresap, lalu angkat.
  2. Ambil satu sendok makan atau sesuai selera, taruh di atas kertas minyak, bungkus kue madu mongso seperti membungkus permen, lalu dinginkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa kue yang ada.

Nah sangat mudah kan membuat kue madu mongso yang nikmat itu. Silahkan anda mencoba resep tersebut di rumah, semoga anda berhasil dan rasanya sesuai selera anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Kue Madu Mongso Khas Jawa Timur, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda