Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Pernah menikmati nikmatnya buntil? Jika belum pernah kami akan membuat resep buntil tahu untuk anda. Buntil merupakan makanan tradisional dari Jawa yang sangat terkenal. Mungkin bagi sebagian orang yang terlalu banyak menikmati makanan cepat saji atau suka makanan mewah buntil dianggap hanya makanan kampungan yang tidak menarik, bisa saaj seperti itu. Namun pada kenyataannya meskipun sederhana namun citarasa yang muncul dari makanan buntil ini tdak sekampungan yang orang kota bilang. Nyatanya hingga sekarang masih banyak orang membuat buntil bahkan masih banyak di temukan di warung-warung makan. Artinya buntil memang memiliki rasa yang tidak sederhana dan masih banyak yang menyukai.

Buntil awalnya merupakan masakan sederhana yang berupa parutan kelapa yang dicampur dengan teri yang diberi bumbu khas dan dibungkus dengan daun, umumnya daun pepaya muda, daun singkong atau bisa juga daun talas. Secara mudah buntil bisa digambarkan hampir mirip dengan botok, bedanya buntil memakai sedikit kuah pedas dan daun pembungkus bisa dimakan, sedangkan botok umunya kering. Pada perkembangannya buntil telah banyak mengalami perkembangan terutama pada bahan isiannya. Yang awalnya hanya parutan kelapa dan teri, kini sudah banyak juga yang membuat buntil dengan isian tahu dan sebagainya. Jadi dengan berkembangnya buntil menegaskan bahwa buntil memang layak anda coba. Coba juga resep buntil daun singkong.

Untuk resep buntil tahu kali ini, kami menggunakan daun singkong untuk membungku tahu sebagai isian. Namun bila anda lebih suka rasa yang pahit, ganti saja daun singkong dengan daun pepaya. Yang pasti bagi saya daun pepaya lebih mantap, daun singkong pun termasuk selera saya. Semua tergantung pilihan anda. Nah siapkan anda mencobanya? Inilah resepnya untuk anda coba di rumah.

Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong

Bahan-bahan :
  • 1 buah tahu cina (dihancurkan)
  • 200 gram daun singkong (direbus)
  • 800 ml santan dari 1 butir kelapa (dididihkan dan beri sedikit garam)
  • 1/2 butir kelapa muda (diparut)
  • 4 lembar daun jeruk (dirajang halus)
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 100 gram petai (potong tipis)
  • 100 gram teri nasi (cuci dan tiriskan)

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah
  • Penyedap rasa (hanya jika suka)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan parutan kelapa muda, petai, teri, tahu dan rajangan daun jeruk, lalu aduk-aduk campuran tersebut hingga rata. Bagi campuran bahan tadi menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian bungkus campuran bahan tadi menggunakan lembaran daun singkong yang sudah di rebus, lalu ikat dengan benang agar tidak lepas.
  2. Masukkan buntil tadi ke dalam santan yang sudah didihkan sebelumnya, lalu rebus hingga buntil menjadi matang, lalu segera angkat. Buntil tahu siap di hidangkan.

Mudah sekali kan membuat buntil? Ya sangat mudah, sangat sederhana dan sangat nikmat tentunya. Resep ini untuk diberikan kepada empat orang atau empat porsi. Tunggu apalagi? Selamat mencoba dan berkreasi.

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Buntil Tahu Daun Singkong, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda