Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang

RAHASIA RESEP EMAK - Anda Telah Membaca Artikel: Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang ini dengan Gratis, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Sobat. Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang Artikel di Grab Oleh Admin. Kamu bisa juga Membagikan kepada Sahabatmu, Karena Artikel Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang dapat membantu teman-teman kamu

Menu Internasional - Seorang pecinta kuliner tradisional dan sekaligus pemburu kuliner Nusantara pasti mengenal makanan getuk. Getuk merupakan makanan tradisonal khas Jawa yang terbuat dari singkong atau ubi. Kali ini kami akan membagikan resep getuk trio khas Magelang yang merupakan salah satu makanan tradisional yang paling dikenal. Dinamakan getuk trio karena getuk ini memiliki warna khas, dan sesuai namanya kue ini memiliki tiga warna sehingga disebut getuk trio. Tiga warna yang menyatu menjadi satu membuat tampilan kue tradisional ini menjadi unik. Namun tidak saja unik dari segi tampilan, kue ini juga memiliki rasa yang tak kalah unik dari segi rasa. Rasa manis dipadu dengan rasa gurih dari santan membuat kue yang satu ini menjadi primadona kuliner asli Magelang.

Satu hal yang cukup layak dibanggakan hingga saat ini adalah getuk trio tidak menggukan bahan pengawet. Umumnya getuk trio bisa bertahan selama dua hari, lebih dari 2 hari kue nikmat tersebut sudah tidak layak untuk dinikmati. Jadi bagi anda yang kebetulan sedang melakukan perjalanan di daerah Magelang atau Mutilan, jangan lupa dilihat tanggal kadaluarsa getuk trio di kemasan. Selain tidak menggunakan pengawet, kue getuk trio juga menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi. Ummnya warna dari getuk trio ini adalah putih, coklat dan merah muda. Namun ada juga warna yang lain seperti warna hijau, namun sekali lagi apapun warnannya pastikan pewarnanya menggunkan pewarna makanan.

Untuk anda yang kebetulan jauh dari kota Magelang dan sangat ingin menikmati getuk trio, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan cukup mudah di dapat, dan perasa makanannya sendiri hanya menggunakan gula. Jika anda sudah tidak sabar untuk membuatnya, berikut resepnya untuk anda. Untuk resep getuk yang lain lihat juga resep getuk lindri  untuk dicoba.

Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang

Bahan-bahan :
  • 1/2 kg singkong (kupas, bersihkan dan potong)
  • 1/2 butir kelapa (diparut lalu dikukus)
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan secukupnya (coklat dan merah muda)
  • Air secukupnya (untuk mengukus)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah potongan singkong yang sudah dibersihkan hingga matang, lalu angkat dan biarkan hingga uapnya hilang.
  2. Setelah uapnya hilang campur singkong dengan gula pasir dan garam, tumbuk atau haluskan singkong hingga lembut (bisa juga menggunakan gilangan getuk atau gilingan daging).
  3. Pisahkan singkong yang sudah dihaluskan menjadi tiga bagian, beri satu bagian dengan warna merah muda, satu bagian dengan warna coklat dan satu bagian lagi biarkan tetap putih saja.
  4. Letakkan singkong merah muda di atas loyang yang dilapisi plastik, lalu ratakan dan padatkan. Selanjutnya letakkan singkong warna putih di atas nya, ratakan dan padatkan, terakhir letakkan singkong warna coklat di lapisan paling atas, ratakan dan padatkan.
  5. Potong lapisan getuk sesuai selera anda, atau jika ingin bentuk yang unik bisa juga dicetak dengan cetakan kue. 
  6. Getuk trio siap disajikan dengan taburan parutan kelapa, atau bisa juga tanpa taburan parutan kelapa.

Nah mudah sekali kan membuat getuk trio khas Magelang, bahannya sederhan, cara membuatnya juga sederhana, dan hasilnya cukup memuaskan dan jauh lebih nikmat dari kata sederhana. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.  






Terima Kasih telah mengunjungi blog kami di judul Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda